No Widget Added

Please add some widget in Offcanvs Sidebar

Checklist: Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Custom Software

Membuat Custom Software untuk bisnis bukanlah hal sederhana. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membangun sistem yang benar-benar terintegrasi dengan bisnis Anda.

Ibarat membangun rumah dari nol, Anda perlu memikirkan hal-hal krusial seperti arsitektur bangunan, bahan, kontraktor, perabotan, hingga kenyamanan penghuni. Begitu pula dengan custom software — persiapan yang matang akan menentukan hasil akhirnya.

Berikut adalah checklist yang wajib Anda perhatikan sebelum memulai Pengembangan Software Kustom.

1. Tentukan Tujuan Bisnis dengan Jelas

Analogi rumah: Menentukan alasan membangun rumah sendiri, bukan menyewa atau mengontrak.

Pertanyaan untuk Anda:

  • Masalah apa yang ingin diselesaikan dengan Custom Software?
  • Apa tujuan utama Anda menggunakannya?
  • Target dan harapan apa yang ingin dicapai untuk bisnis Anda?

Bagaimana Arkamaya membantu?

Sebelum eksekusi, tim Arkamaya akan mengadakan meeting awal untuk menggali tujuan, kebutuhan, dan harapan Anda secara detail. Proses ini kami sebut User Requirements atau Business Requirement Analysis.

2. Dokumentasikan Proses Bisnis Anda

Analogi rumah: Menentukan denah dan desain arsitekturnya.

Pertanyaan untuk Anda:

  • Apakah alur kerja bisnis sudah terdokumentasi?
  • Bagian mana yang akan diotomatisasi, dan mana yang tetap manual?
  • Tahapan mana yang menjadi prioritas otomatisasi?

Bagaimana Arkamaya membantu?

Tim System Analyst kami akan memetakan proses bisnis Anda secara jelas dan terukur. Layaknya arsitek profesional, kami bukan hanya membuat rancangan software, tapi juga memberi masukan agar alur bisnis tetap berjalan optimal sesuai karakter bisnis Anda.

3. Tentukan Jenis Software

Analogi rumah: Memilih bahan bangunan.

Pertanyaan untuk Anda:

  • Teknologi apa yang ingin digunakan?
  • Apakah software akan berbasis web, mobile, atau hybrid?

Bagaimana Arkamaya membantu?

Kami menyesuaikan bentuk dan teknologi software sesuai kebutuhan — baik web-based, mobile app, atau kombinasi keduanya.

4. Pertimbangkan Integrasi dengan Sistem Lain

Analogi rumah: Memastikan rumah terhubung dengan listrik, air, dan ventilasi yang ada.

Pertanyaan untuk Anda:

  • Perlukah software terintegrasi dengan ERP, HRIS, CRM, dll.?
  • Apakah data dari sistem lama harus dimigrasi?
  • Berapa lama estimasi proses integrasi?

Bagaimana Arkamaya membantu?

Dengan pengalaman membangun HRIS, ERP, WMS, TMS, dan lainnya, kami merancang proses integrasi yang efisien tanpa mengganggu operasi yang sudah berjalan

5. Pastikan Skalabilitas dan Fleksibilitas

Analogi rumah: Memikirkan kemungkinan renovasi atau perluasan di masa depan.

Pertanyaan untuk Anda:

  • Apakah software mampu menampung data dan pengguna dalam jumlah besar?
  • Apakah fitur bisa ditambah di kemudian hari?
  • Apakah teknologi bisa ditingkatkan?

Bagaimana Arkamaya membantu?

Arsitektur software kami dirancang scalable sejak awal, sehingga Anda bisa menambah fitur dan meningkatkan fungsi tanpa membangun ulang.

6. Tetapkan Anggaran dan Timeline Realistis

Analogi rumah: Menentukan biaya dan lama pembangunan.

Pertanyaan untuk Anda:

  • Apakah sudah ada anggaran khusus?
  • Berapa budget maksimal?
  • Kapan software harus siap digunakan?
  • Berapa lama ekspektasi software dapat dikerjakan?

Bagaimana Arkamaya membantu?

Kami memberikan estimasi biaya dan timeline yang transparan sejak awal, dilengkapi milestone yang jelas agar progres bisa dipantau secara real-time.

7. Kesiapan Tim Internal

Analogi rumah: Memastikan penghuni merasa nyaman tinggal di rumah baru.

Pertanyaan untuk Anda:

  • Apa tantangan yang mungkin dihadapi user saat menggunakannya?
  • Bagaimana cara user bisa beradaptasi dengan custom software?
  • Apa yang akan dilakukan untuk memaksimalkan custom software bagi user?

Bagaimana Arkamaya membantu?

Kami menyediakan user guide, dokumentasi, dan pelatihan khusus untuk memudahkan adaptasi pengguna terhadap sistem baru.

8. Rencana Pemeliharaan dan Dukungan

Analogi rumah: Menentukan cara perawatan rumah, apakah high maintenance atau low maintenance.

Pertanyaan untuk Anda:

  • Siapa yang akan merawat software setelah go- live?
  • Apakah perlu dukungan vendor?

Bagaimana Arkamaya membantu?

Kami menyediakan layanan IT Helpdesk & Managed Service untuk memastikan software selalu optimal, aman, dan sesuai kebutuhan bisnis yang berkembang.

9 Memilih Vendor yang Tepat

Analogi rumah: Memilih kontraktor yang berpengalaman.

Pertanyaan untuk Anda:

  • Apakah sudah melakukan riset vendor?
  • Apakah sudah melihat track record dan portfolio?

Mengapa Arkamaya tepat untuk Anda?

Dengan pengalaman lebih dari 13 tahun di custom software development, kami memiliki banyak portfolio dengan studi kasus di berbagai industri. Tim internal kami siap memberikan solusi sesuai proses bisnis Anda.

Membangun custom software seperti membangun rumah impian butuh waktu, proses, dan investasi. Dengan perencanaan yang matang, hasilnya akan maksimal.

Arkamaya siap menjadi partner strategis yang memahami bisnis Anda dengan pengalaman lebih dari 13 tahun, sekaligus mengeksekusi solusi teknologinya.

📩 Ingin berdiskusi soal proyek Anda? Hubungi kami di WhatsApp dan dapatkan konsultasi GRATIS!